Tampilan Tak Perlu Sempurna

Juni 13, 2012

Baca Juga

Bagi teman-teman yang sudah beberapa kali pernah mengunjungi blog saya, mungkin menyadari perubahan tampilan yang sekarang. Dua hari belakangan pun perwajahan blog ini sempat berganti-ganti. Saya mencari template yang tepat. Dan mungkin, bagi saya, perwajahan simple inilah yang tepat.

Sebenarnya, perubahan atas tampilan blog saya disebabkan oleh beberapa alasan (kecil). Ya, maklum, saya masih awam dan amatir dalam mengelola kode-kode HTML template yang tersedia. Apalagi saya tidak tahu mesti bertanya kemana. Kemana,...kemana...kemana....


Saya bermasalah dengan template pertama yang tidak mampu menampilkan seluruh postingan ketika diperlukan. Soal tampilan, memang sangat keren. Tapi, saya juga memperhitungkan seluruh postingan saya, seandainya pengunjung berniat melihat seluruh tulisan saya. Tombol older post hanya bisa berfungsi satu kali.

Nah, saya mencoba hunting selama dua hari belakangan. Ada beberapa yang memenuhi kriteria saya. Namun, sekali lagi, karena saya juga masih "belajar" mengelola blog, maka tidak banyak yang bisa saya lakukan terhadap tampilan default blog. Saya coba, utak-atik, tidak cocok, lepas lagi, coba lagi, sampai ketemu yang pas. Trial n error. Seperti itulah jika kita ingin belajar. Coba dan coba lagi. ^_^

Perwajahan blog saya kini cukup simple. Kalian tidak akan menemukan sidebar (kolom samping) seperti sebelumnya. Selain itu, sekadar info, untuk tampilan yang satu ini, tidak memanfaatkan "read more" otomatis. Jadi, saya mesti memotong tulisan sendiri. Ndak apa-apa...

Pada akhirnya, saya kembali tersadar, yang paling penting bukanlah perwajahan blog yang bagus atau hebat, tapi yang terpenting dari sebuah blog itu adalah isinya. Ya, tulisan-tulisan di dalamnya. Sebagus apapun tampilan blog saya, namun jika tidak diimbangi dengan tulisan rutin, maka sia-sia saja. Sering kan kita melihat buku-buku (novel) yang covernya sederhana (banget) namun isinya benar-benar menginspirasi? That's it! Oleh karena itu, saya merasa bodoh sendiri ketika harus menghabiskan waktu berjam-jam tiap malam hanya untuk mendesign perwajahan blog saya. Terlalu lama berkutat dengan desainnya, saya jadi lupa dengan menulis. The important thing is about content! Hehe....

Kini, saya tidak perlu (atau tidak mau) lagi menukar perwajahannya. Yakin, bagi siapa saja, tidak akan pernah merasa puas jika selalu mencari-cari. Pada dasarnya, manusia tidak pernah merasa puas, kan? Menerima kekurangan dari blog kita itulah yang bisa disebut sempurna...


--Imam Rahmanto--

You Might Also Like

0 comments